Minggu, 25 Oktober 2009

Program Kali Bersih: Amalkan Tri Satya


Sebagai salah satu wujud aplikasi nyata pengamalan Tri Satya, yaitu “ikut serta membangun masyarakat”, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Purbalingga tidak pernah melewatkan momen penilaian adipura begitu saja. Begitu pula pada tahun ini… Kegiatan yang biasa kami sebut dengan Prokasih (Program Kali Bersih) ini baru saja selesai kami laksanakan pada hari Jumat, 23 Oktober 2009 yang lalu di Sungai Gringsing dan Sungai Gemuruh. Kegiatan yang melibatkan anggota Unit Bantu Pertolongan Pramuka, Satgas Pramuka Peduli, serta rekan-rekan Penegak dari gugusdepan ini secara umum dapat berjalan dengan lancer, meski waktu pelaksanaan sedikit mengalami kemunduran karena harus menunggu rekan-rekan Penegak dari gugusdepan.
Sebagai agent of change, Gerakan Pramuka Kwarcab Purbalingga telah membuktikan kebolehannya menjadi pioneer dalam Program Kali Bersih tersebut. Hal ini dapat dilihat dari ikut terlibatnya masyarakat dalam kegiatan tersebut yang artinya anggota Gerakan Pramuka Kwarcab Purbalingga telah berhasil membangun masyarakat sesuai isi Tri Satya yang kerapkali kita ucapkan setiap peringatan HUT Gerakan Pramuka.
Namun demikian, sangat disayangkan ketika ada sebagian gugusdepan yang diundang untuk mengikuti kegiatan ini namun tidak mengirimkan peserta didiknya. Dari 5 gugusdepan yang diundang, yaitu SMK N 1 Purbalingga, SMK YPT 2 Purbalingga, SMK Widya Manggala Purbalingga, SMA N 1 Padamara, dan MA N Purbalingga, hanya dihadiri oleh 2 gugusdepan yaitu MA N Purbalingga dan SMK N 1 Purbalingga. Namun hal ini bias diatasi dengan personil dari SMK N 1 Purbalingga yang telah mengirimkan personilnya dalam jumlah yang melebihi permintaan.
Persoalan tersebut nampaknya cukup memprihatinkan kita semua sebagai anggota Gerakan Pramuka dan penting untuk dikaji lebih dalam demi lebih baiknya Gerakan Pramuka di masa mendatang.

2 komentar:

  1. SMK N se pas prokasih pulang duluan atau ditempatkan dimana?

    BalasHapus
  2. SMK N 1 Purbalingga ditempatkan di sungai gringsing kak..

    BalasHapus